manfaat puzzle kayu bagi anak

Puzzle Kayu Untuk Kognitif Anak 5-6 TAHUN

Puzzle, puzzle kayu ataupun puzzle yang lain, Adakah manfaat puzzle bagi perkembangan kognitif anak?

Penelitan tentang Manfaat Puzzle Bagi Anak untuk Kognitif anak

Anak prasekolah adalah anak yang berumur 36-60 bulan, pada masa ini anak dipersiapkan untuk sekolah, dimana panca indra dan sistim reseptor penerimaan rangsangan serta proses memori harus sudah siap sehingga anak mampu belajar dengan baik, proses belajar pada masa ini adalah dengan cara bermain. Kemanpuan Kognitif anak dapat ditunjukan dengan cara melaksanakan kegiatan bermain menggunakan alat permainan yang mengandung unsur atau nilai edukatif.

Tujuan Penelitian ini adalah diketahui pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Desain Penelitian ini menggunakan metode Pra Eksperimen dengan pendekatan one group pretest-post test design. Teknik pengambilan Sampel menggunakan sampling size sebesar minimal 30 orang responden.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Amala (2015) terdapat pengaruh bermain puzzle terhadap perkembangan fungsi kognitif anak TK di Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Selain itu penelitian yang dilakukan oleh Hasana (2013) menunjukkan adanya pengaruh alat permainan edukatif terhadap aspek perkembangan anak pra sekolah di wilayah puskesmas Ondong

Menurut DepKes RI (2006), bahwa 0,4 juta (16%) balita Indonesia mengalami gangguan perkembangan, baik perkembangan motorik kasar maupun halus, gangguan pendengaran, kecerdasan kurang dan keterlambatan bicara. Sedangkan data persentasi penduduk tuna aksara 2014 yang dirilis oleh Direktorat Jendral (Dirjen) pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat tahun 2015 tercatat 1,2 % dari total penduduk Bolsel tahun 2014 sebesar 64 ribu jiwa masih buta aksara (Raldy, 2016).

Hasil Uji Statistik hasil uji Paired Sample t-test dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05) dan diperoleh p value 0,000 < 0,05. Kesimpulan yaitu ada pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Kesimpulan Manfaat Puzzle Bagi Anak

Perkembangan kognitif sebelum diberi stimulasi alat permainan edukatif (puzzle) di desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan adalah mulai berkembang.

Perkembangan kognitif setelah diberi stimulasi alat permainan edukatif (puzzle) di desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan adalah berkembang sesuai harapan.

Terdapat pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Artikel manfaat puzzle bagi anak ini dikutip dari jurnal : https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/download/14718/14286 Salam Puzzle kayu .com

Leave a Comment